Hati-Hati Memilih Sampo untuk Mencuci Mobil

Toyota Samarinda : Hati-Hati Memilih Sampo untuk Mencuci Mobil. Memiliki mobil dengan tampilan bersih dan kinclong tentunya menjadi keinginan banyak orang. Namun untuk mendapatkan tampilan mobil yang bersih ini Anda tidak bisa sembarangan.
Memilih Sampo untuk Mencuci Mobil

Anda wajib hati-hati dalam memilih perlengkapan yang digunakan untuk mencuci. Mencuci mobil sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan sabun, sampo, dan deterjen sembarang. Ini bukannya akan mempercantik tampilan mobil Anda, malah sebaliknya dapat menyebabkan cat dan kaca mobil kusam.

Cat sangat rentan terhadap kotoran, sinar ultra violet, debu dan partikel-partikel lain yang dapat mengakibatkan kerusakan. Untuk menjaga kondisi cat mobil Anda, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Mencuci mobil mungkin terlihat seperti hal yang sepele bagi Anda. Namun jika dilakukan dengan benar, mencuci mobil dapat mempertahankan kualitas cat mobil Anda agar selalu terlihat cemerlang.

Perlu Anda ketahui bahwa efek penggunaan sampo, sabun dan deterjen dengan pH/derajat keasaman yang melebihi/kurang dari batas normal akan dapat merusak dan mengikis lapisan kaca dan bodi mobil.

Oleh karena itu, untuk membersihkan mobil disarankan untuk menggunakan sampo/cairan khusus pembersih mobil dengan pH normal yang ditetapkan, yakni 7,0. Derajat keasaman terlalu tinggi bisa membuat bodi mobil kusam dan kaca mobil timbul seperti pelangi.

Misalnya saja mobil yang parkir di bawah pohon dan terkena getahnya atau kotoran burung yang menempel bisa mengusamkan cat. Ini karena derajat pH keduanya terlalu asam. Oleh karena itu sesegera mungkin bersihkan dengan teliti. Anda pun wajib membersihkan mobil setelah menerjang hujan. Jangan biarkan mobil Anda telalu lama kotor dengan bercak-bercak air hujan.

Pastikan produk sampo yang Anda pakai terdapat label “green” atau aman untuk lingkungan. Karena ternyata, di Indonesia sekarang ini banyak produk yang menggunakan label ini saja, tapi sebenarnya tidak memenuhi MSDS (Material Safety Data Sheet).

Saat membilas, hindari air dengan kadar kaporit tinggi, karena bila terlanjur kering duluan akan meninggalkan bercak-bercak di cat dan kaca mobil (sering disebut jamur cat dan jamur kaca) yang terkenal bandel dan sangat sulit dihilangkan.

Pastikan Anda membilas mobil secara seksama setelah membersihkan dengan sampo untuk membuang sisa sampo yang mungkin masih tertinggal. Jangan lupa untuk mengeringkan mobil dengan menggunakan kain berbahan micro fiber.

Selain itu, perhatikan waktu pencucian mobil Anda. Waktu yang ideal untuk mencuci mobil adalah pada pagi hari atau sore hari dimana terdapat sedikit sinar matahari. Sinar matahari yang mengenai permukaan mobil secara langsung pada saat pencucian akan menyebabkan kerusakan pada cat mobil. Jika sinar matahari langsung mengenai mobil Anda pada saat dicuci dapat mengakibatkan kerusakan pada bagian cat mobil.

Melakukan perawatan pada mobil Anda dengan sangat baik (disarankan pada salon mobil yang berpengalaman dengan memberikan pilihan menggunakan produk tepat) serta mencuci mobil Anda dengan baik dan benar merupakan hal yang paling harus diperhatikan agar cat mobil tetap terjaga, tidak baret, kusam, ataupun pudar dalam jangka waktu yang panjang.

Semoga tips tadi dapat membantu Anda mendapatkan tampilan mobil yang bersih tanpa noda maupun jauh dari tampilan kusam.

Sumber : Metrotvnews.com, Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *