Hati – Hati Jaga Jarak, Pengembunan dan Lampu yang Tidak Terang saat Berkendara di Bawah Hujan

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Toyota Samarinda : Hati – Hati Jaga Jarak, Pengembunan dan Lampu yang Tidak Terang saat Berkendara di Bawah Hujan. Berkendara di bawah hujan terkadang menjadi tidak nyaman karena satu dan dua hal.
Hati – Hati Jaga Jarak, Pengembunan dan Lampu yang Tidak Terang saat Berkendara

Berikut ini adalah tiga potensi masalah yang muncul saat Anda berkendara di bawah hujan serta solusinya.

Saat hujan turun seperti yang kita ketahui, air yang jatuh ke kaca mobil dapat membuat visibilitas Anda pada jalanan di depan menjadi sedikit kurang jelas. Kaca mobil menjadi berembun/ berkabut sehingga menghalangi pandangan kita. Apalagi kalau yang kita kendarai adalah mobil tua. Selain berembun/ berkabut terkadang kita juga mengalami permasalahan kaca mobil yang berpendar ketika diterpa air hujan. Oleh karena itu jaga jarak menjadi hal penting saat berkendara di bawah hujan.

Umumnya hal buruk yang berpotensi terjadi saat intensitas hujan naik adalah melemahnya kerja wiper. Apalagi jika Anda kerap menjemur kendaraan di bawah terik matahari. Ketika debit air hujan yang menerpa kaca depan tak dapat tersapu baik, maka menurunlah kemampuan Anda memantau jalan.

Saat hujan turun, jangan berkendara layaknya jalan kering. Anda dapat menjaga situasi jalan dengan mengatur jarak dengan kendaraan lain baik itu kendaraan yang berada di depan maupun di belakang kendaraan Anda. Jarak akan memberi Anda ruang dan waktu lebih untuk mengantisipasi insiden seperti terjadinya kecelakaan beruntun.

Wiper dan kaca sejatinya bekerja untuk bekerjasama dalam mengeliminir air yang menerpa. Jadi, kaca akan terjaga selama objek yang disapu wiper adalah air. Beda halnya jika objek yang melekat pada kaca adalah lumpur. Bukanlah tugas wiper seorang lagi untuk menyapunya. Saat hujan lebat, Anda tak dapat memilih objek apa yang akan terciprat ke kaca, apakah air atau lumpur atau bahkan butiran aspal.

Masalah lainnya yang mungkin timbul adalah pengembunan. Pengembunan pada kaca depan, belakang serta spion seharusnya tidak terjadi karena dapat menghalangi pandangan pengemudi untuk mematroli kondisi sekitar.

Sistem pendingin ruangan AC mengalami masalah atau kurang sehat performanya pada musim-musim penghujan akan menimbulkan efek berembun pada kaca mobil bagian dalam.

Beberapa fitur telah diciptakan untuk menghindari pengembunan terjadi pada kaca. Contohnya adalah pemanas untuk kaca belakang atau spion. Pastikan fitur ini aktif saat Anda berkendara dibawah hujan deras. Ventilator AC  juga dapat menjadi penghilang embun, ini akan menghembuskan angin panas ke kaca agar embun menguap.

Masalah lainnya adalah lampu yang tidak terang. Saat berkendara , visibilitas adalah hal utama. Jika visibilitas Anda terganggu maka berkendara dapat menjadi aktifitas yang berbahaya untuk dilakukan.

Banyak mobil saat ini sudah dipasangkan lampu kabut. Pastikan fitur ini aktif untuk mendongkrak pencahayaan. Untuk memastikan lampu kabut dapat bekerja baik saat dibutuhkan, sebaiknya tak menyalakan lampu ini ketika siang hari dan tak ada hujan. Pasalnya lampu kabut biasanya memiliki tingkat panas yang tinggi dan akan menurun performanya jika digunakan saat suhu tinggi.

Visibilitas kendaraan akan terus terjaga selama lampu-lampu bekerja dengan baik. Anda dapat gunakan lampu kabut serta lampu utama baik itu depan maupun belakang baik untuk visibilitas Anda sendiri maupun pengendara lain. Jangan lupa lakukan pengecekkan secara rutin  pada lampu, agar lampu dapat selalu berfungsi dengan baik ketika dibutuhkan.

Semoga dengan adanya artikel Hati – Hati Jaga Jarak, Pengembunan dan Lampu yang Tidak Terang saat Berkendara di Bawah Hujan tersebut di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Sumber : kompas, http://www.gudangcara.net

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *