Cerita Di Balik Pemilihan Nama “ Transmover ”

Toyota Samarinda : Cerita Di Balik Pemilihan Nama “ Transmover ”.

Cerita Di Balik Pemilihan Nama “ Transmover ”

PT Toyota Astra Motor telah memperkenalkan model baru, Toyota Transmover, pada Rabu (30/11/2016).Mobil segmen low multi purpose vehicle (MPV) ini dihadirkan untuk pasar komersial,  yaitu untuk taksi online maupun non-online.

TAM juga menyebut bahwa tren penggunaan MPV oleh perusahaan taksi semakin berkembang. Membaca data yang dirilis TAM, MPV mulai bertugas jadi taksi pada 2014. Dan di 2016 kebutuhan akan taksi MPV lebih besar dari sedan.

Mobil ini direkomendasikan menjadi solusi armada taksi murah meriah, hal ini dikarenakan harga toyota transmover yang begitu terjangkau.

Mulai dari depan, akan disematkan headlamp yang sama dengan Avanza Standar namun pada Toyota Transmover tak dilengkapi dengan foglamp. Selain itu, pada bagian depannya masih dilengkapi dengan grille depan tetapi tak terbalut lapisan chrome.

Begitu pun dengan spionnya yang juga tidak dilapisi dengan cat dan juga mode elektrik. Lalu, pada bagian sampingnya, bisa kita lihat Toyota ini memiliki persaman dengan Avanza Standar di mana tampak satu garis lurus pada bagian samping bawah yang membujur dari depan hingga belakang mengikuti alur.

Pada bagian belakang mobil ini juga disematkan sebuah emblem yang bertuliskan Transmover sehingga memperkuat nama jenis dari mobil murah ini. Nah, dengan mengetahui sektor tampilan eksterior dari spesifikasi Toyota ini maka tak bisa dipungkiri bahwa desain dari mobil ini mengusung bentuk desain yang simple khas Toyota Avanza Standar.

Spesifikasi Toyota ini hadir dengan mengusung interior yang terbilang sangat minimalis.

Berkaca dari mesin yang dipakai Toyota Avanza, maka Toyota Transmover mampu mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 96.5 PS pada 6.000 rpm. Sedangkan torsinya menembus 12.3 km pada 4.200 rpm. Tenaga yang dikeluarkan mobil ini cukup besar, sehingga mampu diandalkan ketika menjadi kendaraan taksi untuk mengangkut penumpang jarak dekat ataupun jarak jauh. Sayangnya Toyota Transmover hanya tersedia dalam versi manual, sehingga harga Toyota Transmover tetap terjangkau.

Fransiscus Soerjopranoto, Executive GM Marketing TAM menjelaskan bahwa hadirnya Transmover adalah jawaban atas permintaan model MPV  untuk kendaraan taksi. Oleh karenanya Transmover telah disesuaikan dengan kebijakan dan regulasi yang dikeluarkan pemerintah.

“Kami tidak hanya fokus di pasar mobil penumpang tetapi juga di sektor komersial. Saat melihat ada peluang di 4×2 MPV bawah di pasar taksi, dan kami berupaya untuk bisa memenuhi kebutuhan tersebut,” ujar Fansiscus di sela-sela acara, Rabu (30/11/2016).

Bansar Maduma, Product General Manager TAM  mengatakan nama mobil tersebut adalah sebuah singkatan dari “Transport You to Move to Another Place”. Karena mobil ini memang dihadirkan sebagai moda transportasi.

“Sempat bingung mengenai penamaan, sempat terpikir juga menggunakan Toyota Limo MPV, tapi pada akhirnya sepakat menggunakan nama Transmover. Ini juga sudah memenuhi aturan pemerintah di mana ukuran mesin di 1.300cc sampai 1.500cc,” ujar Bansar.

Bansar mengatakan bahwa kebutuhan taksi sejak tahun 2014 lalu telah meningkat , dan Toyota sudah mengembangkan sejak lama.

“Jadi menunggu aturan pemerintah dahulu, di mana dahulu baru dibolehkan sedan belum MPV namun sekarang sudah,” ujar Bansar.

 

Sumber : Tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *