Cara Tangani Masalah Mobil di Saat Darurat

Toyota Samarinda : Cara Tangani Masalah Mobil di Saat Darurat. Masalah yang terjadi pada mobil tidak mengenal waktu maupun tempat.
Tangani Masalah Mobil

Tak jarang masalah terjadi ketika mobil sedang digunakan. Pengemudi masih bisa bernapas lega jika masalah terjadi di kota karena bisa mencari bengkel untuk memperbaiki bagian yang rusak tersebut.

Tetapi, bayangkan jika masalah mobil muncul ketika Anda sedang melewati jalan yang sepi dan jauh dari kota. Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui gejala yang timbul ketika mobil mengalami masalah serta bagaimana cara penanganannya di saat darurat.

Ketika mobil sering diajak melewati jalan yang macet, mesin mobil bisa panas hingga mengalami overheat. Mesin mobil yang panas bisa dideteksi lewat indikator suhu mesin yang sudah menunjukkan angka ¾ atau berwarna merah.

Jika Anda menemukan sinyal diatas, segera matikan AC mobil. Kemudian Anda harus langsung menepi untuk mematikan mesin.

Setelah menepi, tunggu sekitar 20 menit atau sampai indikator suhu mesin berada pada posisi ¼. Baru setelah itu Anda boleh membuka kap mesin karena itu artinya suhu disekitar kap mesin telah mendingin.

Kemudian, lihatlah level air pada tangki reservoir air radiator. Untuk keadaan darurat, Anda bisa mengisi radiator dengan air mineral atau air bersih yang bisa Anda temukan disekitar. Jangan mengisikan air lewat radiator karena air panas bisa menyembur ketika Anda membuka tutupnya.

Masalah lain yang kerap mendatangi mobil ketika sedang diajak menemani perjalanan adalah wiper yang tidak berfungsi. Wiper tentu sangat  dibutuhkan ketika sedang hujan, jadi wiper yang tidak berfungsi justru bisa membahayakan keselamatan pengendara.

Masalah wiper macet bisa ditangani mengginakan sabun colek atau sabun cuci piring. Anda bisa mengoleskan sabun colek atau sabun cuci piring di kaca sehingga permukaannya yang licin bisa membuat air hujan meluncur turun.

Kebanyakan orang menganggap ini sepele, padahal, ada kemungkinan penyebab mobil menjadi mogok adalah karena masalah pada switcher. Biasanya, masalah pada switcher starter adalah renggangnya kabel penghubung plus-minus atau memang sudah aus. Jadi, ada baiknya jika anda memeriksa piranti switcher mobil anda jika mobil sedang mogok atau susah nyala. Jika memang terdapat masalah pada switcher, gantilah dengan yang baru. Tapi jika anda berada di tengah-tengah perjalanan yang jauh dari toko onderdil, sebagai langkah darurat anda bisa menyiasatinya dengan cara menyambung kabel plus-minus dengan peniti atau kawat kecil yang tajam.

Penyebab mobil mogok juga sering terjadi karena adanya masalah pada bagian supply bahan bakar. Biasanya, masalah yang sering terjadi (mesin susah hidup) adalah karena karburator (untuk mobil yang masih menggunakan karburator) kotor atau kebanyakan bensin ataupun sebaliknya (kekurangan bensin). Cara mengatasinya adalah dengan cara membersihkannya terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan membuka filter udara karburator beberapa saat dan hidupkan mesin tanpa menginjak pedal gas atau sekalian injak dalam-dalam, begitu mesin hidup, lepaskan injakan pada pedal gas.

Selain masalah – masalah mobil diatas, rem bermasalah juga kerap menjadi momok menakutkan bagi semua pengendara mobil. Pada kondisi darurat, rem blong bisa diatasi dengan cara mengisi tabung minyak rem dengan air. Jika Anda memiliki water coolant, gunakanlah untuk menggantikan minyak rem.

Sumber : www.autobild.co.id, Mobil123.com

Silahkan Share ...Share on Google+Share on FacebookTweet about this on Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *