Cara Mudah Merawat Toyota Avanza Segala Usia

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Toyota Samarinda : Cara Mudah Merawat Toyota Avanza Segala Usia.

Cara Mudah Merawat Toyota Avanza Segala Usia

Seperti diketahui Toyota Avanza adalah mobil yang diproduksi di Indonesia oleh pabrikan Daihatsu. Dipasarkan dalam dua merk yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Generasi pertama mobil ini diluncurkan saat Gaikindo Auto Expo 2003 dan terjual 100.000 unit pada tahun tersebut.

Selama perkembangannya mobil yang biasa disebut mobil sejuta umat ini telah mengalami penyegaran mulai dari Eksterior, Interior maupun mesin. Dari perkembangan penyegaran yang dilakukan tak membuat perlakuan perawatan mobil ini berbeda.

Kali ini Carmudi Indonesia ingin memberikan rangkuman tips praktis yang didapatkan dari berbagai sumber mulai dari praktisi otomotif hingga komunitas terkait.

Sebenarnya merawat mobil Avanza sangatlah mudah, namun biasanya kita malas untuk memperhatikan hal-hal kecil. Tapi bila dibiarkan berlama-lama akan menimbulkan kerusakan yang amat fatal.

Saat ini populasi Toyota Avanza di Indonesia sangat banyak bila dihitung dari generasi pertama. Wajar kalau mobil ini disebut dengan mobil sejuta umat.

Perawatan yang gampang menjadi salah satu faktor bagi masyarakat menjadi berminat untuk membeli mobil besutan Toyota. Meskipun tergolong mudah, tapi juga kita tidak boleh menyepelekannya. Ingat mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Dalam hal ini tetap juga di perlukan perawatan rutin, di mana perawatan ini biasa di lakukan mobil-mobil pada umumnya.

Semua mobil pastilah mempunyai kelemahan atau kekurangan, ini yang menjadikan persoalan bagi Carmudian. Perlu ketelitian dalam mengamati keadaan mobil hingga rusaknya mesin atau komponen lain, ini bisa dihindari lebih awal.

Biasanya Toyota Avanza yang sudah berumur lebih dari 5 tahun, sering mengalami akselerasi terhalang disebabkan mesin tersendat saat pedal gas di injak.

Hal ini  biasanya kareka injektor bahan bakar kotor, kebocoran intake manifold atau bisa juga karena busi aus. Atau bisa juga penggunaan oli yang tak sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh pabrikan.

Terkadang lampu indikator oli menyala yang tak disadari oleh pengguna mobil karena berasumsi penggantian oli telah dilakukan teratur. Biasanya indikator oli menyala kemungkinan saringan oli telah aus.

Toyota Avanza
Indikator oli Toyota Avanza buatan 2013. Foto/Carmudi Indonesia.

Kondisi jalan yang menanjak membuat mobil alami knocking yaitu sistem pembakaran diarea bakar pada hawa serta bahan bakar dengan pantikan api yang tak stabil. Ini karena bahan bakar yang digunakan tak sesuai dengan yang dianjurkan untuk masalah RON nya.

Hal-hal penting yang perlu diperhatikan untuk menjaga performa Avanza

Mobil Avanza terkadang susah dihidupkan saat situasi mesin dingin atau saat pagi atau akan dipanasi. Hal ini bisa disebabkan oleh terminal aki, apakah mulai mengendur, berkarat dan butuh dibersihkan.

Bisa juga dari injektor bahan bakar, jarak pada kepala serta sumbu busi terlampau renggang, kompresi terlalu rendah serta pengatur desakan bahan bakar juga andil bagi masalah mesin yang susah hidup.

Sebaliknya bila mesin susah menyala karena mesin panas karena perjalanan jauh dan berhenti sesaat. Komponen yang butuh dipastikan adalah saringan hawa yang kotor, injektor kotor serta kompresi silinder rendah.

Cara Mudah merawat mobil Avanza

Buat Carmudian yang memiliki mobil Avanza baik baru maupun keluaran lama, pastinya mencari tahu bagaimana caranya merawat mobil.

Nah, bagi pemirsa yang lagi mencari materi untuk merawat mobil Avanza, kali ini pemirsa berada di saat yang tepat, di mana kali ini saya akan memberikan anda beberapa tips yang sangat berguna untuk merawat mobil Avanza anda.

Toyota Avanza
Mesin Avanza yang mudah dalam hal perawatan. Foto/Carmudi Indonesia.

Perawatan mesin
• Jangan lupa lakukan memanaskan mesin anda 5-10 menit sebelum di gunakan. Hal ini bertujuan agar oli mesin dapat bekerja secara optimal hingga ke celah paling kecil. Bila mobil jarang digunakan lakukan hal ini 2 hari sekali.

• Lakukan penggantian oli mesin secara teratur dan gunakan oli mesin yang berkualitas. Oli merupakan faktor penting dalam menentukan umur mesin kendaraan. Penggunaan oli yang berkualitas akan memperpanjang umur mesin kendaraan.

• Bersihkan filter udara secara teratur, jangan tunggu sampai menggumpal kotoran di saringan udara. Ini bisa mengakibatkan  performa mesin akan jadi berkurang. Fatalnya bila ada kotoran yang ikut terhisap kedalam mesin, akan mempercepat perusakan mesin.

• Masalah aki tak kalah penting dalam perawatan, karena merupakan bagian yang tidak boleh di sepelekan. Mobil apapun sangat bergantung pada aki. Maka dari itu, aki perlu perhatian khusus.

Ekterior Avanza yang mudah dalam hal perawatan.

Perawatan eksterior
Bagian eksterior juga perlu di perhatikan. Kebersihan eksterior sangatlah di anjurkan agar cat mobil tidak cepat buram dan tetap kinclong. Jangan lupa Carmudian juga harus memperhatikan kebersihan lampu utama mobil agar kaca lampu tidak cepat buram.

Cara sederhana membersihkan interior mobil.

Perawatan interior
Agar kenyaman dalam mengemudi tercipta, maka kebersihan interior mesti di jaga. Ciptakan suasana yang bersih dan asri di dalam mobil agar saat perjalanan jauh khususnya kita tidak merasa jenuh.

Nah Carmudian, hal di atas adalah beberapa tips tentang bagaimana merawat dengan mudah Toyota Avanza. Serta mengetahui beberapa indikator penyebab kerusakan, semoga bermanfaat.

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *