Cara Mudah Mengganti Kampas Pada Rem Tromol Mobil Toyota

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Cara Mudah Mengganti Kampas Pada Rem Tromol Mobil Toyota

Rem tromol atau drum sangat umum digunakan pada mobil Toyota keluaran lama. Namun, rem jenis ini juga masih digunakan pada beberapa tipe mobil modern. Kerusakan yang sering terjadi adalah ausnya kampas pada rem. Hal ini pun akan mengganggu proses pengereman sehingga harus segera diganti. Nah, berikut ini tips mudah mengganti kampas rem tromol.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membeli kampas rem tromol yang cocok dengan mobil Toyota Anda. Kemudian lepaskan pelek ban dan penutup drum dengan melepas masing-masing bautnya. Bagian dalam drum biasanya terdiri dari kampas rem yang dilengkapi dengan pegas dan dudukan rem. Setelah terlepas, sebaiknya Anda mengambil gambar seperti apa tampilannya sebelum dibongkar. Hal ini untuk mempermudah pemasangan ulang komponen kampas. Siapkanlah kampas rem baru lalu bandingkan dengan kampas yang lama. Pastikan ukuran dan dimensinya sama persis, begitu pula dengan lubang-lubangnya.

Lalu, pasang kampas rem baru dengan posisi yang benar sesuai dengan bentuk rem drum yang ada. Pasanglah pin penahan serta per-per dengan tepat sehingga tidak kendor. Gunakanlah gambar yang Anda ambil sebelum pembongkaran sebagai penunjuk dan pembanding. Kemudian, pasang tutup drum dan pelek ban seperti semula. Cek rem di jalan yang datar untuk memastikan sudah pakem dan tidak ada kesalahan lain.

Hal lain yang perlu diingat adalah memastikan cara penggantian kampas rem tromol ini dilakukan dengan benar. Bacalah buku manual mobil mengenai rem drum ini. Hal ini penting dilakukan karena beberapa tipe mobil Toyota memiliki konfigurasi rem drum yang bervariasi. Nah, kini selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *