Cara Mudah Mengetahui Kode Kode Yang Tertulis Pada Ban Mobil

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Toyota Samarinda : Cara Mudah Mengetahui Kode Kode Yang Tertulis Pada Ban Mobil.

Kode Kode Yang Tertulis Pada Ban Mobil

Meski menjadi komponen yang penting dalam sebuah kendaraan namun, keberadaan ban kebanyakan cenderung diabaikan oleh para pemilik kendaraan khususnya para pengendara yang masih awam mengetahui bagian yang satu ini. nah untuk mengetahui lebih jelas berikut ini kami berikan ulasan cara memahami kode kode yang tertulis pada ban.

cara mengetahui kode yang tertulis pada ban mobil

Sebenarnya ban dibuat dengan karaktaristik yang berbeda beda. Jenis ban biasanya sudah disesuaikan dengan fungsi dan tipe kendaraan yang menggunakan ban tersebut. Namun bukan berarti kita tidak harus mengetahuinya, barangkali ada sebagian pembaca yang ingin mengganti ban mobilnya dengan merek yang berbeda dari ban bawaan pabrik. Itu sebabnya sangatlah penting bagi kita untuk bisa mengetahui kode kode yang tertulis pada ban mobil.

Kode unik yang tertulis pada ban bukan hanya menunjukkan ukuran diameter serta lebar saja, Namun masih kode tersebut masih memiliki makna lain yang mungkin belum diketahui oleh para penggunanya meskipun kode tersebut sudah tertulis pada keterangan spesifikasi dari produsen ban tersebut.

Sebagai contohnya di Indonesia yang menggunakan pengukuran metric, kebanyakan ban standar dari pabrik tertera kode 185/65/R16 88H. berikut ini cara membaca kode ban tersebut.

Lebar serta Tinggi Ban

Kode angka 185 menunjukkan lebar telapak ban yang menggunakan satuan ukur millimeter. Yang berarti menunjukkan bahwa ban tersebut memiliki ukuran lebar 185 milimeter.

Selanjutnya, kode angka 65 menunjukkan ketebalan/tinggi dinding ban, biasanya dihitung dari persentasi lebar ban. Yang berarti ban tersebut memiliki ketebalan 65 % dari jumlah angka pada lebar telapak ban. Bila angka tersebut semakin rendah maka semakin kecil pula dinding ban tersebut.

Konstruksi serta Diameter Ban

kode tulisan R adalah keterangan kontruksi ban, yang tepatnya dibuat oleh teknik Radial. Biasanya kebanyakan orang salah mengartikan tulisan R tersebut sebagai kepanjangan dari Ring.

kode angka 16 yang tertera pada ban menunjukkan diameter lingkar ban yang mengartikan ukuran ban 16 inci.

Selanjutnya kode angka 88 menunjukkan indeks beban maksimal yang bisa ditopang oleh kekuatan ban tersebut. Artinya satu ban mampu menopang beban hingga 560 kg. Sedangkan untuk mobil, indeks beban maksimum dibuat antara 62 (265 kg) hingga 126 (1700 kg).

Kode unik pada ban yang terakhir adalah Huruf H yang menunjukkan batas kecepatan yang bisa ditempuh oleh ban tersebut yakni sebanyak 210 km/jam. Adapun kode terendah pada ban adalah kode huruf F yang memberikan batas kecepatan sebnayak 80 km/jam, sedankan kode yang paling tinggi adalah huruf Y yang mambu memberikan kecepatan maksimal hingga 300 km/jam.

Selain kode diatas biasanya ban juga mencantumkan kode penting lain seperti kode masa produksi yang menunjukkan keterangan pekan serta tahun pembuatan. Sebagai contoh jika pada dinding ban dekat pada bibir velg terdapat kode 1015 berarti ban tersebut dibuat dipekan ke 10 ditahun 2015.

Itulah tadi kode kode yang tertulis pada ban  mobil semoga bermanfaat dan menjadi panduan bagi anda yangkebetulan ingin menganti ban bvaru pada mobil anda.

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *