Cara Merawat Mesin Mobil Toyota Avanza Dengan Baik Supaya Tidak Gampang Rewel

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Toyota Samarinda : Cara Merawat Mesin Mobil Toyota Avanza Dengan Baik Supaya Tidak Gampang Rewel.

Merawat Mesin Mobil Toyota Avanza

Toyota Avanza merupakan jenis mobil yang tidak begitu sering rewel. Salah satu mobil keluaran Toyota yang dijadikan sebagai pilihan transportasi untuk keluarga tersebut memiliki desain body yang modern. Selain itu, ukuran kabin mobilnya cukup luas, sehingga memberi kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang ketika bepergian kemana pun. Jadi, tidak salah bila mobil Toyota Avanza direkomendasikan bagi Anda yang mendambakan mobil keluarga paling nyaman.

Akan tetapi meski memiliki banyak kelebihan, beberapa pengguna Toyota Avanza terkadang mengeluhkan beberapa permasalahan.

Kekurangan Mobil Avanza

Sama halnya dengan mobil-mobil lain, Toyota Avanza mempunyai beberapa kekurangan yang mungkin dialami oleh penggunanya, seperti:

  1. Aki tekor. Aki mobil Toyota Avanza sering mengalami kekurangan tenaga, terutama terjadi pada perangkat elektronik seperti audio, wiper dan komponen pendingin dalam kabin. Saat aki sedang tekor, biasanya mesin mobil akan sulit dihidupkan dan ketika dinyalakan akan mengalami kenaikan suhu dengan cepat.
  2. Tutup samping bagian foglamp gampang lepas. Kejadian terlepasnya tutup samping bagian foglamp biasanya terjadi pada varian Toyota Avanza E dan G. Sebab, pada varian tersebut pengait tutup foglamp yang digunakan tidak terlalu tebal. Jika komponen yang berharga sekitar Rp 50.000,- ini hilang, maka akan mengganggu tampilan mobil tersebut. foglamp toyota avanza
  3. Strip ventilasi gampang memudar. Strip ventilasi pada bagian bawah wiper mudah memudar, sehingga akan membuat tampilan mobil Toyota Avanza menjadi lapuk serta memunculkan bintik-bintik berwarna putih. Walaupun digosok berulang kali, noda tersebut tidak akan menghilang.
  4. Memiliki tanda unik. Mobil Toyota Avanza mempunyai beberapa tanda yang berkaitan dengan ban dan velg kendaraan. Kedua komponen tersebut menonjol keluar dari body mobil, terutama yang terletak di bagian depan. Hal itu akan semakin terlihat ketika keduanya diganti dengan ukuran yang lebih besar.
  5. Mesin kendaraan bisa tiba-tiba mati sendiri. Jika mobil lama tidak dihidupkan, mesinnya bisa mati secara tiba-tiba dengan sendirinya. Penyebabnya bisa pada kabel-kabel sistem listrik yang kendur atau putus, sistem pengapian, alternator atau aki yang bermasalah.
  6. Masalah kecepatan. Mobil Avanza cenderung terlalu empuk di kecepatan yang rendah, sebaliknya akan limbung di kecepatan yang tinggi. Masalah tersebut disebabkan oleh lingkaran pegas spiral yang terlalu lebar, sehingga tidak mampu menyokong body dan chock absorber.
  7. Terdengar  suara desis dari mesin mobil. Apabila ada komponen mobil Toyota Avanza yang rusak, biasanya mesin akan mengeluarkan suara seperti desas-desis.
  8. Kadang lampu indikator oli tidak menyala. Walaupun mesin telah digunakan berjalan cukup lama, kadang lampu indikator oli tetap tidak menyala. Umumnya, hal tersebut disebabkan oleh kerusakan pada sensor dan katup perangkat di dalamnya atau saringan oli mengalami bermasalah.
  9. Sering mengalami penurunan tenaga mesin. Dibanding saat awal penggunaan, mobil Avanza sering mengalami penurunan tenaga mesin yang disebabkan oleh rusaknya pengaturan desakan bahan bakar, terhalangnya saringan bahan bakar, penurunan kompres silinder dan masih banyak lagi.

Cara Merawat Mesin Mobil Toyota Avanza Dengan Baik

Salah satu kekurangan mobil Avanza ialah mesinnya yang sulit dihidupkan, terutama di pagi hari atau ketika cuaca sedang dingin. Karena mesin adalah komponen penting yang berguna untuk menggerakkan mobil, tentu akan bermasalah bila mengalami kendala tersebut.

toyota avanza

Untuk mencegahnya, Anda bisa melakukan cara merawat mesin mobil Toyota Avanza dengan baik sebagai berikut:

  1. Panasi mobil 10-15 menit sebelum digunakan agar oli mesin bisa bekerja secara maksimal.
  2. Gunakan oli mesin yang berkualitas dan ganti secara teratur untuk membantu memperpanjang usia mesin mobil.
  3. Bersihkan filter udara secara rutin supaya tidak ada gumpalan kotoran pada saringan udara yang membuat performa mesin berkurang.
  4. Cek kondisi aki secara rutin.
  5. Pastikan kondisi injektor, kompresi silinder dan persoalan choke dalam keadaan baik.
  6. Periksa air radiator secara rutin untuk menghindari mesin mobil yang overheating. Saat melakukan pengisian cairan, sesuaikan volume antara full dan low.radiator avanza
  7. Ganti beberapa komponen berikut secara berkala:
  • Sistem bahan bakar setiap mobil Toyota Avanza menempuh 1000 km/bulan.
  • Oli mesin (API SL) 10.6, oli transmisi manual dan oli roda gigi differential.
  • Minyak rem mobil
  • Timing belt tipe EJ-VE 95.60
  • Saringan oli mesin
  • Coolant
  • Sistem pengapian
  • Saringan bahan bakar
  • Baterai

Beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Toyota Avanza tentu akan sangat mengganggu apabila terjadi ketika Anda sedang mengendarainya bersama keluarga. Oleh sebab itu, untuk mengurangi resikonya perlu dilakukan perawatan yang efektif secara rutin. Anda bisa membawanya ke bengkel atau melakukannya sendiri dengan cara merawat mesin mobil Toyota Avanza.

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *