Cara Menyetel Ketinggian Kopling All New AVANZA

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Toyota Samarinda : Cara Menyetel Ketinggian Kopling All New AVANZA.

Ketinggian Kopling All New AVANZA

setel-jarak-bebas-kopling
Kopling adalah bagian dari mesin mobil yang salah satunya berfungsi untuk membantu perpindahan gigi pada mobil. Kopling ini memilik beberapa bagian yaitu, Clutch Cover (Rumah Kopling), Kampas Kopling, Release Fork (Garpu Pembebas), Releasing Bearing (Pemutus Putaran dari Mesin), Kabel Kopling, dan Pedal Kopling. Di sini kita akan berbicara tentang pedal kopling, yaitu bagaimana cara menyetel ketinggian pedal kopling atau mengatur jarak gerak bebas (Free Play) pedal kopling agar aktivitas berkendara menjadi lebih nyaman dan sesuai dengan selera pengemudi.

Pada mobil All New Xenia pedal kopling masih menggunakan kabel kopling begitu juga untuk All New Avanza mesin 1300 cc masih menggunakan kabel kopling, di sini kita akan mengatur ketinggian kopling dengan menyetel tarikan kabel koplingnya. Kopling yang sudah bermain pada jarak rendah akan memudahkan kaki kiri pengemudi ketika perpindahan gigi terutama pada saat macet yang sering berhenti dan berjalan (stop and go).

Setelan kopling yang tinggi dan rendah terasa nyaman ini di kembalikan kepada selera pengemudi masing-masing, karena ada yang lebih nyaman dengan kopling yang tinggi dan ada juga yang lebih senang dengan kopling yang lebih rendah (jarak pedal ke lantai mobil). Untuk mobil baru keluar dari pabrik biasanya disetel dengan jarak kopling yang tinggi seperti pada mobil All New Xenia dan Avanza. Cara mengatur ketinggian pedal kopling mobil ini dapat dilakukan dengan mudah, ada yang cuma di atur dari dalam kap mesin, namun ada juga yang perlu di atur dari bawah mobilnya yaitu kita harus masuk ke bawah mobil agar dapat menyetel koplingnya (ngolong). Selain mengatur ketinggian kopling (ketinggian pedal ketika kopling mulai bermain) kita juga perlu mengatur Jarak Bebas (Free Play) Pedal Kopling sesuai dengan syarat minimal dan maksimal dari Free Play Pedal Kopling.

Cara Mengatur Ketinggian Kopling:

Untuk mengatur atau menyetel ketinggian kopling All New Xenia-Avanza kita perlu memutar pangkal kabel yang terhubung ke bagian mesin yaitu yang terhubung ke rumah transmisi yaitu kita harus menyetelnya melalui bawah mobil tepatnya di bawah pedal kopling mobil anda. Cari kabel kopling yaitu yang di bagian ujungnya terdapat plastik seperti baut seperti gambar di bawah ini. Silakan putar searah jarum jam (ke kanan) untuk meninggikan kopling (jika disetel searah jarum jam, maka kopling akan bermain ketika kaki diangkat lebih tinggi) ini berfungsi untuk meninggikan kopling. Sedangkan untuk menurunkan atau merendahkan atau ketinggian kopling mulai bermain akan direndahkan atau dilebih rendahkan, maka silakan putar berlawanan jarum jam atau putar ke arah kiri. Silakan atur putaran sampai selera yang diinginkan dengan mencoba menekan pedal kopling dan mencoba berjalan maju atau mundur, jika belum pas silakan masuk ke bawah mobil kembali dan putar lagi ke arah yang diinginkan. Setiap ½-1 putaran silakan dicek ketinggian pedalnya.
setel-ketinggian-kopling

Cara Mengatur Jarak Bebas (Free Play) Pedal Kopling:
Free Play atau jarak bebas adalah jarak pedal kopling tidak bermain ketika di tekan dari atas. Ketinggian Jarak Bebas ini normalnya berkisar 15-25 mm (1,5-2,5 cm), cara mengukurnya yaitu dengan menekan dengan lembut pedal kopling dengan menggunakan jari tangan sampai adanya terasa sedikit tahanan, itulah yang dinamakan jarak bebas atau free play. Setelah menurunkan ketinggian kopling, maka free play pedal kopling akan bertambah (terasa kendor). Maka perlu dilanjutkan dengan pengaturan jarak bebas ini. Cara menyetel jarak bebas (free play) pedal kopling ini cukup mudah, yaitu hanya dengan memutar baut yang berukuran 14 mm dengan menggunakan kunci ring ukuran 14 mm (lihat gambar di bawah). Baut ini berfungsi untuk menekan pedal ke arah bawah jika diputar searah jarum jam (dikencangkan) atau diputar ke arah kanan, sehingga pedal kopling akan turun dan jarak bebas pun akan berkurang. Jika ingin meninggikan pedal kopling maka putar searah jarum jam (maka penekanan pada pangkal pedal akan berkurang dan pedal pun akan meninggi.
setel-jarak-bebas-kopling
Mana yang lebih dahulu?
Jika ingin menurunkan kopling, maka atur dulu ketinggian kopling dengan memutar pangkal kabel kopling yang terhubung ke rumah transmisi baru setelah itu atur jarak bebasnya. Sedangkan jika ingin meninggikan kopling, silakan perbanyak jarak bebasnya dahulu baru dinaikkan koplingnya.

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *