Cara Memperbaiki Aki Basah Yang sudah Lemah Atau Soak

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Toyota Samarinda : Cara Memperbaiki Aki Basah Yang sudah Lemah Atau Soak.

Memperbaiki Aki Basah

Salah satu komponen mobil yang berharga adalah bagian baterai mobil atau aki. Jika diibaratkan dengan manusia, aki adalah sebagai nyawa bagi sebuah mobil. Tugasnya adalah mensuplai tenaga listrik ketika mesin mobil mulai dihidupkan atau distarter. Meskipun selanjutnya aki sendiri juga mendapat pasokan energy listrik dari mesin mobil saat mesin sudah hidup. Itupun jika aki mobil masih waras alias belum koid atau soak.

cara-memperbaiki-aki-soak

Begitu pentingnya komponen tersebut bagi mesin mobil sehingga apabila aki sudah rusak maka harus segera diganti. Jika kondisi masih memungkinkan sebuah aki mobil bisa diperbaiki dengan begitu anda tidak perlu repot repot mengeluarkan budget dari kantong anda. Lantas bagaimana cara memperbaiki aki mobil?

Berdasarkan dengan jenisnya aki dibedakan menjadi dua macam, yaitu aki basah dan aki kering. Aki basah adalah aki yang pengoperasianya menggunkan air. Sedang aki kering adalah baterai yang pengoperasianya menggunkan gel. Untuk perbedaan secara lengkap tentang keawetannya anda bisa membaca artikel kami yang lain yang berjudul Mana Lebih Awet, Aki Kering Atau Aki Basah ?

Berikut ini cara memperbaiki aki soak atau sudah lemah

Bahan yang dibutuhkan adalah menggunkan bahan kimia EDTA (ethylene diamine tetra acetic acid). Bahan ini dapat melarutkan garam complex sulfat, elektroda aki yang terlihat sudah berkerak perlu dibubuhi bubu EDTA dengan takaran tergantung dari tingkat keasaman air aki. Dengan langkah ini kita harus menggunakan alat hydrometer yang berguna untuk mengukur kadar asam serta berat jenis aki. Indikatornya adalah warna hijau berarti kurang, putih normal dan merah berarti batas maksimum. Jika anda mengnginkan bubuk ini maka anda bisa membelinya di toko bahan kimia yang harganya berkisar diatas Rp 50.000 perkilonya.

Jika anda kesulitan menemukan toko penjual bahan bahan kimia dilingkungan sekitar tempat tinggal anda, maka sebaiknya anda tidak perlu bingung sebab anda masih bisa menggunkan bahan lain selainya yaitu menggunkan obat sakit kepala Bodrex yang bisa anda dapatkan dengan mudah diwarung warung terdekat. Oke, setelah anda mendapatkan bahan utama untuk memperbaiki aki langakah berikutnya anda bisa menyiapkan bahan bahan yang lain seperti Accu Zuur ( air aki yang dipakai isi aki untuk pertama kali. Biasanya tutup warna merah, jangan keliru dengan air aki ), kemudian anda juga memerlukan Alat suntik bekas printer ( baru atau bekas sama saja ) gunanya untik menakar jumlah air aki.

Berikut ini langkah cara memperbaiki aki soak

  1. Lepas Aki dari motor / mobil Anda
  2. Buang air aki
  3. Bersihkan aki menggunkan air panas. kocok berulang kali sampai bersih ( tandanya air berwarna bening, tidak keruh ).
  4. Masukkan air aki ke dalam aki yang sudah dibersihkan.
  5. Tutup aki dan kocoklah sepuasnya, lalu buang airnya
  6. Masukkan air aki ke dalam aki. kali ini gunakan bantuan suntikan printer untuk menakar jumlah air yg dimasukkan
  7. Masukkan tablet Bodrex yang sudah dilumatkan ke dalam botol. Dosisnya 1/2 tablet untuk setiap sel aki (aki motor 12V 5AH). untuk ukuran aki lainnya silahkan disesuaikan dosisnya.
  8. charge aki yang sudah dibereskan
  9. Pasang Aki ke motor / mobil Anda.
  10. selesai, saatnya Coba performanya. Pada Kendaraan bisa dicoba digunakan selama beberapa jam/hari.

Jika langkah memperbaiki aki soak diatas masih gagal maka sebaiknya anda jangan cepat memfonis kegagalan sebab biasanya langkah diatas biasanya berlaku pada aki yang masih relative baru atau belum memiliki kotoran yang banyak. Lantas bagaimana dengan kotoran yang sudah menumpuk banyak dan sudah tidak mempan dengan langkah langkah diatas ?

Larutan EDTA ataupun bodrex memiliki kegunaan untuk merontokkan atau melarutkan kotoran yang menempel pada elektroda. Oleh sebab itu jika kotoran sudah rontok maka seharusnya harus dibuang, jangan tetep disimpan didalam aki. Setelah itu ulangi langkah diatas mulai nomer satu sampai enam tanpa tambahan EDTA atupun Bodrex. Dengan mengulangi langkah tersebut maka aki kendaraan anda akan menjadi normal kembali seperti pada umumnya.

Langkah diatas adalah cara memperbaiki aki basah yang sudah lemah dan soak. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *