Berkat Mereka Toyota Bisa Punya Varian TRD Sportivo

Toyota Samarinda : Berkat Mereka Toyota Bisa Punya Varian TRD Sportivo.

Varian TRD Sportivo

Toyota Astra Motor memperkenalkan salah satu departemen ujung tombak mereka di IIMS 2017. Departemen itu disebut C&A Planning And Design Department.

Departemen yang isinya 100 persen orang Indonesia ini, bertugas menghasilkan dan mengembangkan suku cadang (parts) lokal yang sesuai kebutuhan TAM dan konsumennya. C& A Planning And Design Department didirikan TAM pada tahun 2006 lalu.

Agya TRD Sportivo adalah rancangan Indonesia
Agya TRD Sportivo di IIMS 2017

Namun seiring berjalannya waktu, departemen yang bernaung di divisi Product Planning & Development ini, berkembang tidak hanya merancang komponen, tapi juga menghasilkan produk utuh yang bisa diterima konsumennya.

Kalau Anda ingat, TAM pernah memperkenalkan Toyota Yaris berlogo Superman yang diedarkan secara terbatas pada 2006, Itulah produk pertama departemen ini.

Yang paling baru adalah Toyota Agya TRD yang baru saja diluncurkan, Yaris Heykers dan Yaris TRD yang cukup sukses diterima pasar, Avanza Veloz, plus Etios TOM’S.

Yaris heykers belakang
Yaris Heykers, disetujui Toyota Jepang untuk diproduksi

Selain itu, mereka juga memproduksi show car seperti Avanza Tigre (muncul di GIIAS 2015), Agya Kojo, Yaris Legian, Etios Show Car ( yang jadi Etios TOM’s).

Dan untuk menghasilkan sebuah mobil yang akhirnya bisa dijual, diakui Donny Adhi Yuwono, Chief Designer TAM, tidak mudah. Ada banyak hal yang harus dilewati dan disetujui oleh pihak Toyota Jepang. “Selain itu, hal teknis juga yang harus diuji dan dipertimbangkan apakah memang layak untuk diproduksi, juga seperti apa daya tahannya.”

Pengujian juga dilakukan pihak Toyota di Jepang, dengan metode yang ekstrem. “Yang diuji komponennya sebelum dipasang dan saat sudah terpasang di mobil. Contohnya komponen dipanaskan hingga puluhan derajat , kemudian temperatur diturunkan hingga suhu minus.” Yang membanggakan, sejumlah komponen ini diakui kualitasnya dan diekspor ke berbagai negara.

“Kualitas SDM Indonesia tidak perlu diragukan. Bahkan salah satu desainer kami menjadi bagian project FT1 concept (konon cikal bakal Toyota Supra, sekarang sedang uji jalan),” tegas Franciscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor.

Ia juga menegaskan bahwa saat ini, Toyota di Indonesia masih fokus untuk produksi. “Tapi kami berharap kita bisa jadi hub ekspor. Dan juga bisa punya R&D di Indonesia. Tunggu saja,” tutup Soerjo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *