Beberapa Bagian Ini Sering Dilupakan Ketika Membersihkan Kabin Mobil

Toyota Samarinda : Beberapa Bagian Ini Sering Dilupakan Ketika Membersihkan Kabin Mobil. Kabin mobil seringkali menjadi tempat melakukan berbagai aktivitas seperti istirahat, makan, dan minum. Tidak heran jika sampah sampai berceceran di kabin terutama setelah pergi wisata atau mudik. Agar pengemudi dan semua penumpang yang berada di dalam kabin mobil merasa nyaman, interior mobil haruslah selalu dijaga kebersihannya.
Membersihkan Kabin Mobil

Bau tak sedap di kabin bisa membuat tidak nyaman semua penumpang. Malah bisa membuat rasa mual tak karuan.

Nah, ada beberapa bagian dari mobil yang sering dilupakan saat Anda membersihkan kabin mobil. Berikut adalah beberapa bagian yang harus Anda cek saat membersihkan kabin.

Bagian pertama adalah handle pintu. Cek dan bersihkan handle pintu mobil Anda karena biasanya sampah-sampah kecil bersarang di sana. Contohnya tisu bekas dipakai, uang koin, karcis masuk tempat wisata atau jalan tol. Jangan sampai melewatkan bagian ini saat bersih-bersih.

Bagian yang sering terlewatkan berikutnya adalah asbak. Mungkin sebagai pengemudi yang tak merokok Anda tidak akan merepotkan diri mengecek asbak, tetapi bisa saja teman atau keluarga Anda yang merokok dan menggunakan asbak mobil untuk membuang abu dan puntung rokoknya. Anda wajib membersihkan asbak mobil agar terhindar dari bau tak sedap yang berasal dari puntung rokok dan kuman yang membahayakan kesehatan.

Bagian selanjutnya adalah laci mobil. Berbagai macam barang selalu tersimpan di laci mobil, jadi membersihkan laci menjadi bagian bersih-bersih yang paling lama. Justru dengan banyaknya barang tersimpan di sana, Anda harus sering-sering membersihkan laci.

Kantong pada kursi yang fungsinya untuk menyimpan barang bagi penumpang juga sering diabaikan. Tidak sedikit orang yang bahkan menjejalkan botol air minum ke kantong belakang.

Bagian plafon, jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, warnanya akan terlihat kusam dan tak sedap dipandang. Celakanya pembersihan pelapis atap kabin yang sudah terlanjur kotor tak bisa sembarangan.

Jika terdapat sisa air saat membersihkan, maka kandungan air yang terserap di material pelapis akan mengakibatkan pelapukan dini. Restu dari bengkel spesialis perawatan interior dan plafon memberikan tips dalam merawat langit-langit interior itu.

Sebaiknya saat membersihkan gunakan sikat lembab dengan sedikit deterjen.
Pilih sikat gigi bekas yang berbulu lembut dan deterjen yang mengandung sedikit busa. Tuang deterjen pada air tanpa diaduk. Tunggu beberapa saat agar partikelnya bereaksi dengan air. Celup sikat kemudian angkat dan sibak sikat tersebut agar larutan deterjen terbuang dan sikat menjadi lembab. Sikat perlahan noda di plafon dengan lembut dan searah.

Namun, satu hal yang patut diingat celupkan terlebih dahulu lap tersebut ke air hangat agar kotoran bisa terangkat dengan baik dan tidak tersebar merata di bagian yang dibersihkan itu.  Hal ini perlu dilakukan untuk mengangkat noda atau kotoran dari sisa makanan atau minuman.

Bisa juga menggunakan cairan pembersih perabot rumah, tetapi itu bisa berisiko. Oleh karena itu, gunakan air hangat saja.

Bagian lain yang sering terlupa adalah cup holder. Bagian ini memang kecil dan tidak mudah dibersihkan, tetapi Anda harus telaten. Kotoran atau air yang tercecer dan dibiarkan lama-kelamaan akan membuat warna cup holder pudar dan semakin sulit dihilangkan nodanya. Nah dengan lebih teliti membersihkan kabin mobil, maka kenyamanan berkendara pun akan makin terasa.

Sumber: www.otomotifnet.com, http://astratoyota-dealer.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *