Bagaimana menyambungkan central lock dengan remote alarm?

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest
Toyota Samarinda : Bagaimana menyambungkan central lock dengan remote alarm? 
menyambungkan central lock dengan remote alarm

Pertama-tama kita membeli remote alarm mungkin kita bingung karena kita mendapatkan satu set modul yang berisi banyak sekali kabel-kabelnya. Akan tetapi kami akan jelaskan sedikit mengenai kabel-kabel yang utama saja artinya kabel-kabel utama ini yaitu kabel yang umum dipakai pada pemasangan remote alarm (silahkan baca panduan instalasinya yang ada pada paket pembelian alarm untuk mobil anda).

Secara global kabel-kabel yang ada pada alarm dibagi dua, yaitu satu bagian yang terhubung dengan instalasi kelistrikan mobil, satu bagian lagi yang terhubung ke central lock yang baru anda pasang diatas.

Bagian kabel yang terhubung dengan instalasi kelistrikan mobil anda yaitu (biasanya pabrikan alarm menggunakan warna-warna kabel yang sama):

  • Merah (dengan fuse atau sekring dan kabel agak besar) bagian kabel yang terhubung ke aki langsung (+).
  • Hitam (ground, kabel agak besar) terhubung ke bodi (-)
  • Merah Hitam ke arah bagasi/trunk kebanyakan tidak dipakai (potong pendek saja)
  • Coklat (ada 2) terhubung ke lampu sein kanan dan kiri (bukan ke kabel hazard)
  • Pink terhubung ke speaker (sirine) bawaan dalam satu paket pembelian, bila mau dihubungkan ke klakson mobil perlu dipasang riley sendiri.

Disamping itu ada kabel terpisah sendiri (biasanya berisi 5 pin kabel) yaitu:

  • Biru dihubungkan ke switch pintu (-), biasanya terhubung dengan lampu plafon.
  • Putih ke acc atau kontak on (bila kontak mobil anda tanpa acc)
  • Oranye ke foot brake atau kabel switch rem belakang.
  • Dua kabel lain yaitu merah kecil untuk switch pintu (+) dan kuning yang ke relay starter tidak dipakai, sebaiknya potong saja.

Kabel lain yang terhubung ke central lock ada 6 dengan warna-warna seperti oranye, putih (dengan fuse atau sekring), kuning, oranye hitam, putih hitam (dengan fuse) dan kuning hitam.

Untuk menghubungkan keenam kabel dari alarm tersebut yang akan menuju ke central lock yang cuma dua kabel saja (putih dan coklat, silahkan baca bagian akhir tulisan kami diatas pada saat mengetes central lock berjalan baik atau tidak) perlu dilakukan penyambungan secara pararel dari 6 kabel tersebut diatas sebagai berikut:

  • Kabel Oranye dan Oranye Hitam dipararel dan disambungkan ke bodi mobil atau kabel Hitam ground(-), kabel Kuning dan Kuning Hitam dipararel dan disambungkan ke kabel Merah besar yang ke aki (+)
  • Kabel Putih dan Putih Hitam disambungkan ke kabel Putih dan Coklat pada central lock, silahkan dicoba dengan alarm nya dengan memencet tombol buka kunci dan tutup kunci untuk mencocokkan kabel yang pas. Pasangan kabel ini bisa dibolak balik artinya kabel putih pada alarm bisa ke kabel putih atau coklat pada central lock begitu pula sebaliknya.

Silahkan kabel-kabelnya anda potong secukupnya untuk menghindari kesemrawutan pada modul dan dasbor anda, jangan lupa untuk mengisolasi semua sambungan dan rapikan agar tidak terlihat dari luar, modul alarm bisa dipasangkan berdekatan dengan modul central lock, lampu indikator bisa anda tempatkan pada dasbor atau bagian lain sesuai selera anda.
Silahkan mulai coba melalui remote yang disediakan pada paket pembelian alarm mulai untuk membuka, mengunci, sirine dan lain-lain.

Demikian sedikit tips cara memasang central lock dan alarm pada mobil klasik anda semoga bisa memberikan pencerahan dan membantu anda untuk mengirit biaya pemasangan central lock mobil anda.

Untuk kejelasan selanjutnya bisa anda tanyakan langsung atau bisa bertanya melalui forum yang ada pada blog kami ini.
Salam restorasi dan modifikasi mobil klasik antik.

Informasi tambahan :

  • Pada pemasangan central lock untuk hijet 1000 pilih central lock yang model actuator nya agak kecil karena kondisi dalam pintu hijet 1000 yang sempit  agar pemasangan tidak mengganggu kaca samping sewaktu diturunkan.
  • Untuk mobil lain dan sedan pada umumnya semua merek central lock bisa diaplikasikan.
Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *