Bagaimana Cara Peduli pada Ban Mobil Anda?

Toyota Samarinda : Bagaimana Cara Peduli pada Ban Mobil Anda?

Peduli pada Ban Mobil Anda

Seberapa pedulikah Anda pada ban mobil Anda? Sejujurnya, kapan terakhir kali Anda melakukan pemeriksaan menyeluruh pada ban mobil Anda? Ketika menyervis mobil kita, kita seringkali hanya fokus pada beberapa aspek saja, seperti pemeliharaan mesin dan efisiensi bahan bakar, tapi sering melupakan komponen esensial pada mobil kita yang berkontribusi terhadap keseluruhan performa. Ban memiliki peran yang sepadan seperti kaki pada atlet, mengacuhkan perawatannya dapat melumpuhkan seorang pelari. Ban mengambil peranan penting pada mobil Anda – baik di segi perfoma maupun keselamatan. Selain itu, ban adalah satu-satunya poin dari mobil Anda yang bersentuhan langsung dengan jalanan, dan satu langkah yang salah tidak hanya dapat merusak mobil Anda tapi juga mengancam keselamatan Anda. Terdapat berbagai tips perawatan yang dapat Anda ikuti supaya mobil Anda berada dalam kondisi terbaiknya. Di CarBay, kami menyajikan enam tips perawatan yang dapat Anda ikuti untuk memastikan umur dan performa terbaik ban Anda.

 

Close-up of manometer and man hands checking tyre pressure with gauge.

 

Tekanan Ban:

 

Ini merupakan tahap pertama menuju perawatan ban dan juga merupakan yang paling sering dilalaikan. Biasanya, pengemudi mungkin tidak menyadari tentang ban yang kurang-angin sampai terjadi penurunan tekanan tiba-tiba atau lampu teknikal menyala, atau ban terlihat kempis. Ban cukup mempengaruhi efisiensi bahan bakar mobil, perfoma kendaraan, serta keselamatan Anda. Selain itu juga mengurangi resiko aus dan robek prematur juga kerusakan yang tidak dapat diubah pada konstruksi internal. Tekanan ban dapat turun karena udara yang biasa dikeluarkan melalui komponen ban atau perforasi kecil ataupun juga sebuah penurunan temperatur ambien. Kami sangat menyarankan untuk mengecek tekanan ban mobil Anda setiap bulan dan juga memastikan ban serep berada pada tekanan yang benar. Ikuti level yang direkomendasikan oleh pabrikan, yang dapat ditemukan dengan gampang di buku manual mobil Anda. Selain itu, jika Anda tidak ingin disulitkan untuk memeriksa tekanan mobil Anda secara berkala, Anda dapat memilih untuk pengisian nitrogen yang dapat mempertahankan tekanan ban dalam waktu lama.

 

balancing

 

Pengimbangan (Balancing):

 

Balancing yang akurat pada ban mobil Anda mencegah ban dari aus prematur serta berkendara bebas getaran. Kegunaan lainnya adalah untuk penggunaan fungsi suspensi mobil yang sesuai, bantalan, serta sistem kemudi. Balancing sebuah ban paling diperlukan saat Anda mengganti ban. Sebagai tambahan, jika Anda merasa kendaraan Anda lebih berat atau ringan ke salah satu sisi dibanding sisi yang lain berarti ban mobil Anda tidak seimbang. Hal ini dapat menyebabkan tapak cepat aus dan tidak merata, getaran selama berkendara dan aus yang tidak merata di bagian depan-belakang.

 

wheel

 

Penjajaran (Alignment):

 

Banyaknya jalanan yang jelek dan lapuk, berisikan lubang dan retak yang besar merupakan satu dari banyak alasan terjadinya ketidaksejajaran pada roda kendaraan Anda. Sangat sulit untuk mengukur ketidasejajaran ketika berkendara – namun jika roda tidak sejajar dapat mengakibatkan ban aus lebih cepat, prematur, dan ketidaksamaan sehingga mobil tidak dapat dikendalikan dengan baik serta keselamatan Anda juga terganggu. Kami menyarankan agar mobil Anda diperiksa kesejajarannya dan diperbaiki pada interval reguler, terutama jika mobil Anda terlibat kontak dengan lubang atau trotoar dan Anda melihat adanya aus yang tidak merata.

 

tread

 

Keausan dan Kedalaman Ban:

 

Setiap pabrikan ban menandai produk mereka dengan ‘indikator keausan tapak’ atau tread wear indicator. Indikator keausan tapak membantu Anda untuk memonitor keausan ban Anda dan mengindikasikan kapan waktunya ban Anda harus diganti. Hal ini memastikan traksi maksimum dan cengkeraman serta mengurangi resiko penyaradan. Mengganti ban Anda sebelum kedalaman aus mencapai 1,6mm, membuat berkendara dengan lega. Indikator keausan tapak biasanya ditempatkan pada sisi tembok yang mengarah ke luar dan jika kedalaman aus mencapai kepala panah, mengindikasikan bahwa ban mobil Anda harus segera diganti. Sebaiknya Anda juga melakukan pengecekan sebelum musim hujan tiba, karena berkendara dengan ban yang aus meningkatkan resiko hydroplaning.

 

contact

 

Kontak Patch:

 

Kontak Patch merupakan bagian dari ban Anda yang terus mengalami kontak langsung dengan jalanan dan bertanggung jawab untuk mengontrol dan pengendalian, kenyamanan, dan ekonomitas bahan bakar kendaraan Anda. Kontak patch semata-mata bertanggung jawab untuk traksi yang sesuai, oleh karena itu, tidak hanya penting untuk memilih ban tepat yang sesuai dengan kendaraan Anda (memilih yang direkomendasikan oleh pabrikan). Namun juga harus secara berkala merawatnya untuk memastikan performa terbaik. Ini merupakan hal yang sangat penting karena mereka bukan hanya merupakan satu-satunya penghubung antara kendaraan Anda dan jalan raya dan menopang keseluruhan bobot kendaraan Anda, dapat mengangkut beban 50 kali dari bobotnya sendiri, selain itu juga merespon input kendaraan seperti stir kemudi, akselerasi, dan pengereman dari mobil pada permukaan jalan serta yang paling penting adalah menahan setiap halangan di jalan raya.

 

Reifenwechsel am Auto

 

Usia Layanan:

 

Setiap elemen dari mobil Anda dan bahkan ban memiliki usia layanan, tapi memprediksi periode waktu secara akurat hampir tidak mungkin. Karena ban terbuat dari berbagai macam material, masing-masing penggunaanya berbeda dan mempengaruhi performanya secara individu. Tidak hanya ini, usia layanan juga tergantung pada banyak faktor seperti cuaca, kondisi jalan, gaya berkendara, dll. Lebih lanjut, tidak dipaksakan bahwa ban harus bertahan pada jarak yang tertentu, karena seringkali faktor eksternal mempercepat ban aus dan robek. Oleh karena itu, kami mendorong Anda untuk memeriksakan ban mobil Anda untuk mengidentifikasikan apapun yang berarti ban mobil Anda perlu dicopot dari layanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *