Agar Tidak Sulit Buka Baut Velg Mobil Saat Ban Kempes, Lakukan Tips Ini

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Toyota Samarinda : Agar Tidak Sulit Buka Baut Velg Mobil Saat Ban Kempes, Lakukan Tips Ini.

Baut Velg Mobil Saat Ban Kempes

Semua orang pasti sudah tau tentang fungsi mur pada Velg. Bagian tersebut bertugas mengunci ban dengan tromol penggerak roda. Oleh sebabnya, pemasanganya harus diperhatikan secara betul karena jika salah dapat berakibat sangat fatal.

Banyak ditemuai, ketika ban sedang mengalami kebocoran, pengguna mobil yang sering kali kesulitan membuka ban. Permasalahanya ada pada mur. Biasanya ada beberapa hal yang menjadikan baut roda sulit dibuka ketika ban mobil sedang kempis.

agar-tidak-kesulitan-membuka-ban-mobil

Salah satu penyebab yang sering terjadi adalah pemasangan mur yang tidak sesuai dengan ukuran. Yang secara otomatis mur dimasukkan dengan cara dipaksakan. Kondisi ini kemudian menjadi pemicu ulir baut termakan oleh baut sehingga menjadi penyebab mur sulit dibuka kembali. Hal ini sepakat dengan perkataan Lukman Hakim, dari variasi Velg, depok.

“Saat mur sulit dibuka kendala yang sering terjadi ulir pada baut termakan karena ukuran mur dan baut berbeda. Selain itu bisa juga karena kualitas rendah mur cepat karatan,” papar Lukman Hakim, dari variasi Velg, depok.

Agar terhindar dari mur sulit dibuka pada saat kondisi darurat saat emlakukan perjalanan, maka menurut Lukman sebaiknya para pengguna mobil perlu memerhatikan beberapa hal dan berikut ini kami berikan tips tipsnya.

Tips menjaga mur Agar tidak sulit buka baut pelek mobil :

1. Perhatikan saat pemilihan Derat/ulir

Pastika anda menggunakan ukuran derat/ ulir dari mur ataupun baut yang sesui dengan ukuran saat pemasangan, karena terkadang sekilas ukuran baut terlihat sama padahal sebetulnya ukuranya beda satu angka. Seperti ulasan sebelumnya hal inilah yang kemudian menjadikan mur sulit terbuka karena pemasanganya dipakasakan.

2. Begini Cara memilih mur dan baut

Agar terhindar dari kesalahan memasukkan mur yang tidak satu ukuran, sebelum memasukkan sebaiknya terlebih dahulu lihat dengan teliti ukuran yang terdapat pada tonjolan (cones) dari mur atau baut. Jika tidak pasang mur dan baut perlahan. Jika terlalu sulit maka bisa dipastikan ukuranya mur lebih besar ketimbang drat.

3. Jangan Berlebihan saat Mengencangkan mur dan baut

Perlu diketahui juga selain memasukkan mur yang tidak satu ukuran dengan drat, mengencangkan mur dan baut berlebihan juga dapat menjadikan mur sulit dibuka. Beberapa orang sering melakukan hal ini karena tujuan memastikan mur tidak kendur. Namun asal anda tahu, jika hal tersebut malah menimbulkan derat atau ulir menjadi rusak sehingga menjadi sulit dibuka.

4. Kencangkan mur dengan teknik menyilang

Ketika memasang roda, sebaiknya selalu gunakan cara memasang mur dengan cara menyilang. Untuk baut 4, kencangkan baut bagian atas dan bawah menyilang, hal ini bertujuan agar kakuatannya merata di setiap baut pelek yang akan dipasang. Cara yang sama juka berlaku untuk pelek mobil dengan jumlah baut lima.

5. Jangan Biarkan mur berkarat

Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, sebaiknya sering seringlah memeriksa mur setiap satu minggu ataupun dua minggu sekali. Pastikan mur sehat tidak berkarat. Atau jika tidak, sebaiknya selalu sediakan cairan WD di dalam mobil sehingga pada saat mur sulit dibuka karena berkarat anda bisa menggunakanya kapanpun saat diperlukan.

Itulah lima Tips yang penting diperhatikan ketika memasang velg mobil agar nantinya anda tidak kesulitan saat membuka velg saat terjadi ban kempis diperjalanan.

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *