Ada Bunyi Aneh dari Transmisi Suzuki Ignis? Ini Solusinya!

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Toyota Samarinda : Ada Bunyi Aneh dari Transmisi Suzuki Ignis? Ini Solusinya!

Bunyi Aneh dari Transmisi Suzuki Ignis

Masih ingat demam yang disebabkan oleh Suzuki Ignis? Diluncurkan di awal tahun 2016 silam, city car anyar Suzuki tersebut dibanderol dengan harga sangat terjangkau mengingat banyaknya fitur yang diberikan.

Lima bulan setelah diluncurkan pun, Suzuki Ignis yang dibanderol dari Rp 139,5 juta hingga Rp 169,5 juta tersebut masih terdengar too good to be true.

Sayangnya seperti setiap produk yang dibuat masal, beberapa komplain pun mulai diajukan di kala semakin banyak unit yang sudah turun ke tangan pemilik.

Seperti masalah yang diangkat oleh cukup banyak komunitas IGNITY atau Indonesian Ignis Community ini, yang mengeluhkan adanya bunyi-bunyi aneh yang keluar dari transmisi Suzuki Ignis.

Wah, ada apa nih? Ini beberapa keluhan terkait masalah bunyi transmisi yang dikatakan anggota IGNITY, baik di platform media sosial Facebook-nya maupun di forum digital Kaskus-nya.

Ini Kata Komunitas Soal Bunyi Aneh Transmisi Suzuki IgnisIgnis

Salah satu yang paling lama adalah yang ditulis Akhmad Sabarudin di Facebook IGNITY pada tanggal 29 Juli 2017.

“sejak 17-07-17 saya pake ignis GX. Beberapa hari ini memperhatikan sepertinya ada bunyi aneh pada kecepatan rendah (gigi 1 dan 2) ketika baru menginjak pedal gas ataupun melepas pedal. Memang hanya sebentar munculnya kemudian hilang. Bunyi nya seperti benda2 yg terseret gitu…” tulisnya.

Tak lama setelah masalah tersebut diangkat pun, beberapa komentar tanggapan menunjukkan para pemakai lain juga mengalami gejala yang sejenis.

“Sama bro,” tanggap akun Roedie Dust. Begitu juga akun Arie Fitrana yang menulis, “idem om …..di konsultasikan sama bengkel resmi juga mereka tidak bisa memberikan analisa penyebabnya apalagi solusinya.”

Bahkan sebulan kemudian, problem yang sama diangkat lagi, kali ini oleh akun Sansan Tjhang yang juga di Facebook IGNITY. “Om2 mau nanya dong. Apa ignis ags kalo saat perpindahan gigi di posisi D memang ada bunyi krek krek ?” tulisnya.

Apa Solusinya?Suzuki Ignis

Meski masalah yang dialami mayoritas sejenis, yaitu muncul bunyi “krek krek” dari transmisi, terutama saat perpindahan gigi satu ke dua, namun seperti belum ada solusi yang seragam.

Tanggapan akun ignity di forum Kaskus IGNITY justru mengarahkan masalah ini berhubungan dengan oli transmisi manual yang terlalu encer.

“Kemarin beberapa user ignis mengeluhkan hal yg sama di WAG Ignity dan solusi sementara dengan mengganti oli transmisinya gan. Waktu itu pas diganti, oli transmisi lamanya katanya kesannya terlalu encer tidak sesuai spek,” tulisnya.

Sedangkan akun Akhmad Sabarudin di Facebook IGNITY mengatakan pihak UMC Suzuki Malang menyebutkan gejala bunyi tersebut berasal dari koplingnya.

Solusi ekstrem pun sudah diambil salah satu pengguna dengan akun etiga20 di Kaskus IGNITY, yang mengunggah foto Ignis-nya dengan nomor polisi W 1217 SW tersebut diganti total transmisinya. Wah, masalahnya serius juga ya?

Suzuki Ignis

Seperti yang diketahui, baik transmisi manual maupun AGS (Auto Gear Shift – AMT) sama-sama menggunakan struktur transmisi berbasis kopling dan rumah transmisi seperti transmisi manual konvensional.

Hanya saja terdapat modul aktuator yang dapat memindahkan gigi secara otomatis tanpa bantuan injak kopling dan penggeseran tuas.

Sehingga bila masalah ini memang berpusat di pemakaian oli transmisi yang salah maupun unit utama transmisinya seperti yang dijelaskan di atas, tak menutup kemungkinan Suzuki Ignis M/T dan AGS bisa terkena problem ini.

Apakah Ignis anda mengalami masalah yang sama?

Silahkan Share ...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *