5 Tips Rawat Mobil Agar Tak Berjamur Saat Musim Hujan

Toyota Samarinda : Setelah kemarau panjang melanda Indonesia beberapa waktu belakangan ini, akhirnya musim penghujan yang ditunggu-tunggu tiba juga. Musim penghujan memberikan banyak manfaat bagi manusia seperti ketersediaan air, namun juga kadang membawa dampak buruk jika tak diantisipasi dengan cerdik. Banjir tentu adalah salah satunya.

Untuk pemilik mobil, merawat mobil di musim hujan juga tidaklah mudah, namun selalu ada jalan bagi pemilik mobil untuk merawat mobilnya. Berikut 5 tips merawat mobil di musim hujan :

1. Jangan Tunggu Air Hujan Kering di Mobil

Air hujan yang mengering di mobil, berisiko merusak cat dan lapisan mobil. Tidak hanya merusak cat, air hujan juga berisiko menimbulkan jamur pada kaca mobil. Segera cuci mobilmu dengan sampo khusus cuci mobil dan bilas dengan air sampai bersih.

2. Rajin Periksa Komponen Mesin

Karena air sangat mudah masuk melalui celah, jangan malas untuk periksa bagian mesin mobil. Pastikan tidak ada komponen mesin yang terganggu akibat air hujan yang masuk.

3. Semprot Cairan Silicon

Tidak hanya memengaruhi bagian eksterior mobil, air hujan juga memengaruhi bagian interior mobil. Karet dan kaca yang sering terkena hujan dan panas lebih cepat rusak, semprotkan cairan silicon agar bagian tersebut bisa awet.

4. Cegah Jamur dengan Karpet

Masuk ke dalam mobil saat hujan berisiko untuk membuat lantai mobil basah, lalu kotor dan timbul jamur. Untuk menghindari hal tersebut, bisa tambahkan karpet untuk melapisi lantai mobil agar tidak lembab dan kotor yang bisa menimbulkan jamur.

5. Parkir Mobil di Tempat yang Tertutup

Setelah mencuci mobil, segera parkirkan mobil di tempat yang aman dan tertutup agar mobil tidak kotor lagi terkena air hujan. Kalau terpaksa diparkir di ruang terbuka, bisa gunakan cover mobil untuk melindungi dari air hujan.

Sumber : https://www.ayobandung.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *