5 Diferensiasi Toyota Rush dari Kompetitornya

Toyota Samarinda : 5 Diferensiasi Toyota Rush dari Kompetitornya.

Diferensiasi Toyota Rush

Toyota Astra Motor masih mempercayakan segmen Low Sport Utility Vehicel (LSUV) pada Toyota Rush. Meski sudah berusia 10 tahun, berbagai pembenahan dan penyegaran yang dilakukan, semestinya membuat kembaran Daihatsu Terios ini masih kuat berkompetisi. Namun pada kenyataannya berbeda. Kedatangan Honda BR-V membuat Rush justru terpuruk. Konsep BR-V dengan teknologi dan fitur lebih canggih, membuat Rush menjadi tampak ketinggalan zaman. Ada plus dan minusnya, memang. Tapi jika berbicara mengenai Rush, banyak hal yang membedakannya, sehingga lebih pas sebagai sosok SUV tulen dibandingkan para pesaingnya. Apa saja?

1. Desain Gagah Khas SUV

Desain Rush sangat SUV

Harus diakui, sosok Rush sangatlah SUV dan menegaskan sosok petualang. Tongkrongan bodi tinggi, roda besar, serta aksesori penunjang lain seperti roof rail, spion tanduk dan ban serep di belakang , namun tetap dibalut dimensi tergolong kompak. Terkesan gagah dan tangguh, bukan merupakan tranformasi sebuah MPV yang ditambahkan pernak-pernik SUV dan ditinggikan ground clearance-nya

2. Sasis Ladder-Frame

Rush pakai sasis ladder frame

Tak lain masih satu platform dengan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Jadi sah saja menyebutnya versi SUV dari Avanza-Xenia. Sasis ini identik mobil pekerja keras, sehingga cocok dipakai untuk SUV. Selain menegaskan kesan SUV itu tadi, kemampuan Rush di medan semi off-road juga lebih mumpuni dan sesuai karakternya. Mesinnya pun masih menggunakan kode 3SZ-VE 1,5-liter yang dulu digunakan di Avanza 1.5 dan Veloz. Transmisi juga sama, otomatis konvensional 4-kecepatan dan manual 5-kecepatan. Soal mekanisme penggerak, memang sudah seharusnya alami perubahan.

3. Penggerak Roda Belakang (RWD)

Rush berformat penggerak belakang

Karena satu platform sasis dengan Avanza-Xenia, sistem penggeraknya pun sama, Rear Wheel Drive (RWD). Penggerak roda belakang lebih diakui kemampuannya untuk melewati medan off-road ketimbang penggerak roda depan (FWD). Format sasis ladder dan RWD jelas sekali mencirikan sebuah SUV, yang habitatnya di medan berat. Lain halnya SUV monokok penggerak depan (FWD) yang lebih mengedepankan kenyamanan dan efisiensi bahan bakar.

4. Kabin Luas

Kabin Rush untuk 7 penumpang

Rush dan Terios yang dipasarkan, khusus dirancang sebagai mobil 7-seater. Sasis yang panjang menghasilkan bodi panjang juga. Sehingga mampu disematkan kursi baris ketiga yang tergolong lega untuk diduduki orang dewasa. Pada awalnya Rush hanya memiliki format 5-seater saja. Namun melihat kebutuhan konsumen, model terbaru Rush sudah dilengkapi kursi baris ketiga untuk varian TRD Sportivo dan opsional untuk tipe G.

5. Suspensi Racikan TRD

Rush TRD rear

Divisi khusus Toyota yang merancang parts untuk balap, turut campur dalam mengembangkan Rush model terbaru. Konstruksi suspensi ditingkatan demi menghasilkan kenyamanan dan pengendalian lebih baik, lewat racikan per dan shock absorber dari Toyota Racing Development (TRD). Suspensi ini sudah standar untuk Rush tipe TRD Sportivo Ultimo. Namun dijual terpisah sebagai aksesori resmi dan bisa diaplikasi di tipe Rush lain.

Silahkan Share ...Share on Google+Share on FacebookTweet about this on Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *