10 Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan saat Pandemi Virus Corona

Toyota Samarinda : Pandemi virus corona mengharuskan orang untuk berada di dalam rumah, menghindari kerumunan, dan cegah kontak fisik dengan orang lain sebisa mungkin. Hal ini otomatis mengubah cara dan sistem bekerja di seluruh dunia, yang tadinya harus ke kantor, kini jadi di rumah saja.

Ilustrasi delivery makanan Foto: Shutter Stock

Memang, ada banyak kantor dan perusahaan yang terpaksa merumahkan para karyawannya karena bisnisnya terdampak dan tidak bisa menggaji karyawannya.

Di sisi lain, ada juga beberapa industri yang justru membutuhkan banyak karyawan.Berdasarkan data dari platform media sosial profesional LinkedIn, ada kebutuhan besar untuk beberapa tenaga kerja dan orang-orang yang bekerja di industri tertentu.

Selain dari industri kesehatan, ternyata ada beberapa bisnis lain yang juga membutuhkan pekerja tambahan di tengah wabah COVID-19.Lalu, apa saja pekerjaan yang paling dibutuhkan saat pandemi virus corona ini? Berikut 10 daftarnya berdasarkan data pekerjaan di LinkedIn Amerika Serikat.

Mencari Kerja Melalui Smartphone Foto: thinkstock

Pramuniaga

Pramuniaga atau karyawan toko yang bertugas melayani konsumen menjadi salah satu peran pekerja yang paling dibutuhkan saat pandemi virus corona. Hal ini mungkin terdengar aneh, mengingat ada banyak restoran atau toko yang justru tutup karena virus ini. Namun di AS, pramuniaga menjadi salah satu pekerjaan yang paling dicari.

Operator Sistem

Operator sistem adalah salah satu pekerjaan di bidang IT (Informasi dan Teknologi). Bidang ini mengharuskan seseorang memiliki kemampuan untuk mengatur penggunaan sistem IT oleh karyawan kantor. Sementara wabah COVID-19 mengharuskan adanya transisi pekerjaan dari kerja di kantor menjadi kerja di rumah, System Operator menjadi salah satu pekerjaan yang paling dicari di kantor dan perusahaan di AS.

Akuntan Publik Tersertifikasi

Ada juga akuntan dan pajak yang menjadi salah satu tenaga kerja bidang yang paling dicari. Selain karena pandai menghitung dan mengolah data, seorang akuntan juga dituntut untuk pandai dalam mengukur pertumbuhan bisnis perusahaan. Hal itulah yang membuat orang-orang di bidang ini sangat dicari di tengah krisis seperti ini.

Spesialis Perawatan Kesehatan (Healthcare Specialist)

Tak dipungkiri bahwa tenaga kesehatan menjadi salah satu pekerjaan ynag paling penting saat ini, terutama yang memiliki keahlian tertentu di bidang medis. Rumah sakit dan penyedia layanan kesehatan di sejumlah negara kini membutuhkan banyak perawat hingga dokter spesialis untuk menyembuhkan tak hanya pasien COVID-19, tetapi juga penderita penyakit lain yang tak kalah serius.Selain dokter spesialis, peran pendukung tenaga medis lain juga dibutuhkan, seperti resepsionis, apoteker, dan lain sebagainya.

Pekerja Konstruksi alias Kuli Panggul

Fun fact, ternyata kuli panggul atau pekerja konstruksi menjadi salah satu tenaga kerja yang paling dibutuhkan di masa pandemi COVID-19 ini, baik untuk pembangunan besar atau rumahan. Jumlah kebutuhan pekerjaan di sektor ini bertambah banyak di LinkedIn.

Manajer Gudang

Belanja online menjadi salah satu aktivitas yang paling banyak dilakukan masyarakat selama pandemi virus corona untuk mendapatkan semua kebutuhan tanpa keluar rumah. Otomatis hal ini membuat pekerja lapangan di sektor e-commerce menjadi salah satu kebutuhan besar bisnis mereka.

Pekerja memeriksa kualitas beras di Gudang Perum Bulog Sub Divre Pekalongan, Desa Munjung Agung, Tegal, Jawa Tengah, Selasa (7/4). Foto: ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Salah satu yang paling dicari ialah Manajer Gudang atau Warehouse Manager. Pekerjaan ini mengharuskan seseorang memiliki skill untuk mengatur sistem masuk dan keluar stok barang dan pengiriman dari gudang. Pekerjaan ini tidak hanya tertutup pada sektor e-commerce, melainkan bisnis lain yang memiliki kebutuhan soal managerial produk di gudang.

Psikolog

Selain dokter dan perawat, tenaga kerja kesehatan mental alias Psikolog juga menjadi salah satu pekerjaan yang paling dibutuhkan saat ini. Krisis yang diakibatkan virus corona ini turut mempengaruhi mental masyarakat. Tak sedikit dari mereka yang terserang panic dan anxiety attack karena wabah ini.

Psikolog tidak hanya dibutuhkan untuk masyarakat yang mengalami masalah kesehatan mental. Mereka juga dibutuhkan untuk membantu menjaga kesehatan mental para dokter dan perawat yang berada di garda terdepan dalam menghadapi wabah ini.

Mekanik Kendaraan

Mekanik kendaraan bermotor ternyata banyak dicari di tengah pandemi virus corona. Di LinkedIn, ada beragam lowongan pekerjaan yang membutuhkan karyawan dengan keahlian memperbaiki mobil, motor, hingga kendaraan besar lainnya.

Penasihat Akademis

Siswa dan mahasiswa menjadi bagian masyarakat yang terkena dampak besar akibat pandemi COVID-19 ini. Mereka terpaksa belajar di rumah dan hanya bertemu dengan guru dan dosen lewat platform video conference macam Zoom, Google Hangouts Meet, Skype, dan lain sebagainya.Perubahan sistem belajar mengajar inilah yang membuat industri pendidikan membutuhkan Penasihat Akademis yang dapat membantu mereka menemukan sistem pendidikan baru tanpa kelas offline yang memadai dan baik untuk pengembangan siswa dan mahasiswa.

Kurir

Industri logistik yang fokus pada pengiriman paket secara cepat adalah salah satu yang tak kalah penting. Tanpa mereka, masyarakat tidak akan bisa melakukan jual-beli barang online dan memenuhi kebutuhan mereka sekaligus menjaga jarak sosial dengan berada di rumah saja.Selain itu, tak sedikit juga e-commerce yang sudah memiliki layanan pengantara mereka sendiri memperbanyak kurir mereka atau berkolaborasi dengan perusahaan logistik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *